Sabtu, 09 Januari 2010

PELUANG (PERMUTASI DAN KOMBINASI) untuk SMA Kelas XI semester 1


A. Latar Belakang

Seringkali kita dihadapkan pada hal-hal yang berhubungan dengan urutan, susunan, dan yang sejenisnya. Seperti penyusunan tempat duduk berdasarkan jabatan, pasangan pakaian yang akan dipakai, ataupun urutan nomor untuk plat kendaraan. Jika ditelaah lebih dalam, sebenarnya hal-hal yang amat dekat dengan kita ini bisa dicari problem solving-nya secara matematis. Maka muncullah teori peluang, di antaranya mengenai permutasi dan kombinasi untuk memudahkan kita jika sewaktu-waktu dihadapkan dengan permasalahan peluang di dalam keseharian kita.

Di dalam kurikulum pendidikan, materi ini diperuntukkan bagi siswa kelas XI semester 1. Meskipun materi ini cukup menarik dan memiliki banyak contoh/aplikasi pada kehidupan sehari-hari, namun terkadang penyajian materi di kelas masih kurang, sehingga mempengaruhi pencapaian kompetesi siswa mengenai materi. Guru biasanya hanya menyampaikan teori, memberikan contoh, dan meminta siswa untuk mengerjakan beberapa soal latihan. Oleh karena itu, dibuatlah multimedia mengenai Peluang (Permutasi dan Kombinasi) ini agar siswa tidak hanya mampu mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan materi, tetapi juga mampu memvisualisasikan materi melalui multimedia pembelajaran.

B. Tujuan

Tujuan dibuatnya multimedia pembelajaran ini adalah untuk membantu siswa memahami materi Peluang (Permutasi dan Kombinasi) dari segi visual siswa.

C. Materi
Materi mengenai permutasi dan kombinasi bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Materi ini disajikan pula dalam bentuk media interaktif (flash). Untuk melihat storyboard pembuatannya, klik di sini.



1 komentar: